0

Keutamaan Bersiwak bersama KH.Khoirul Amin,S.Ag, AH

KH.Khoirul Amin, AH S.Ag

Kajian Sore yang disiarkan langsung oleh radio Dais pada hari Jum’at 01 April 2022 jam 16.30-17.30 bersama KH.Khoirul Amin,S.Ag, AH. Dengan dimoderatori oleh Hilal membahas tentang “Keutamaan Bersiwak”. Sunnah-sunnah sholat itu sangat banyak, yang jumlahnya lebih dari 500 sunnah bahkan ada yang menyebutnya lebih dari 700. Sunnah-sunnah tersebut dibagi dalam tiga kategori, yaitu sunnah sebelum sholat, sunnah saat sholat, dan sunnah setelah sholat.

Di antara sunnah sebelum sholat adalah bersiwak. Bersiwak maksudnya membersihkan gigi dengan siwak. Siwak yang dimaksud adalah dengan kayu arok. Hal ini sunnah dilakukan ketika bangun dari tidur, saat bau mulut berubah, dan saat hendak mendirikan sholat.

Rasulullah SAW bersabda: لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ

“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap hendak menunaikan shalat.

Dalam kitab Washiyatul Musthofa ini Rasulullah SAW menasihati Sayyidna Ali bin Abi Thalib: Wahai Ali: “Pakailah siwak, karena siwak memiliki 24 keutamaan baik di dalam tubuh maupun agama”.

Di antara faedah bersiwak adalah agar mulut kita bersih, mendapatkan keridhoan Allah, menambah rasa khusyuk, dan membuat fasih bacaan kita.

Bagi yang ingin melihat kembali tayangan kajian sore bersama KH.Khoirul Amin,S.Ag, AH “Keutamaan Bersiwak” bisa klik link dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *